Pembukaan kader posyandu oleh ketua GOW kab rokan hulu.ibu Hj PENI SUKIMAN


Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  Rokan Hulu (Rohul) Hj Peni Herawati Sukiman memberikan apresiasi terhadap kinerja dari para kader posyandu  di Kabupaten Rohul dinilai telah berperan aktif dan memberikan kontribusi positif dalam di bidang kesehatan, sebab mereka ujung tombak pelayanan paling bawah yang menyentuh langsung ke masyarakat.

Tak hanya mengurus kesehatan Ibu hamil dan anak, kader Posyandu juga melayani masyarakat lansia.  Peran aktif kader posyandu sangat membantu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terhada kesehatan ibu dan anak didaerahnya masing-masing. “Selain memberikan pemehaman tentang pengetahuan gizi, penyakit menular, KB serta mampu melakukan penyuluhan dibidang kesehatan,” ungkap Ketua GOW Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kamis, (29/12) usai membuka pelatihan kader Posyandu se Kecamatan kabun di aula kantor Camat Kabun

“Kita minta kepada kepala desa se Rohul untuk dapat memperhatikan Posyandu  di daerahnya, dengan mengalokasi anggaran dana desa untuk pelaksanaan kegiatan di masing-masing posyandu,” tuturnya.

Kata, Peni Herawati kader Posyandu punya peran yang besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Karena diketahui aktif melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulan.  “Peningkatan kinerja Kader Posyandu, maka dapat menekan angka kematian ibu dan angka kematian bayi  dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap perbaikan status gizi balita dan pemeriksaan ibu hamil di Posyandu,” tukasnya.

Kemudian, Camat Kabun Zulhendri  menyebutkan, kegiatan pelatihan kader posyandu se Kecamatan Kabun, terlaksana atas kerjasama kepala desa yang ada di daerah tersebut.

Diharapkan, dari pelatihan ini, kader posyandu se Kecamatan Kabun dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama ibu hamil dan balita.

“Kegiatan pelatihan kader Posyandu ini, dilaksanakan selama tiga hari dengan mendatangkan tutor dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul,” pungkasnya

Kegiatan itu, dihadiri Camat Kabun Zulhendri, Ketua  TP PKK Kecamatan Kabun Neni Handayani, para kepala desa dan Ketua TP PKK desa se Kecamatan Kabun serta puluhan Kader Posyandu. (e)